Searching...
Selasa, 14 Mei 2013

How to get a job?



Ada seorang teman lesbian butch cerita dia tidak diterima bekerja karena dia lesbian. Sedangkan seorang teman yang juga seorang butch bercerita kalau dia baru di terima bekerja padahal rambutnya baru dipotong model mohawk.
Lalu apakah yang membedakan kedua teman tersebut datas? Banyak teman lesbian yang mengatakan bahwa menjadi seorang lesbian itu sulit untuk mendapat pekerjaan.

Apakah memang benar seperti itu? Bahwa dunia bekerja tertutup bagi seorang lesbian? Menurut saya pernyataan itu tidak benar dan kurang tepat. Banyak teman lesbian yang berhasil dan sukses di dunia kerja. Yang perlu diperhatikan para lesbian dalam mencari pekerjaan adalah :
·         Bidang pekerjaan : bidang pekerjaan apakah yang sesuai dengan tingkat pendidikanmu sekarang. Kalau kamu cuma lulusan SMU dan mencari pekerjaan yang mensyaratkan sarjana tentu akan sulit untuk diterima. Kalau kamu lulusan teknik dan mencari pekerjaan bidang keuangan tentu juga akan sulit diterima.
·         Penampilan : apakah ada Kriteria terntentu yang mengharuskan kamu berpenampilan khusus dalam pekerjaan yang kamu lamar. Misal untuk jabatan CS, SPG, PR yang mengharuskan berpenampilan feminim dan berdandan cantik, tentu kamu akan sulit mendapatkannya kalau penampilanmu butch abis.
·         Keterampilan : keterampilan apa yang dapat menunjang kamu mendapatkan pekerjaan misal : bisa menguasai Microsoft office, bahasa inggris dan lain sebagainya.
·         Sikap : Ini yang paling menentukan kamu dalam mendapatkan pekerjaan. Selama interview kamu harus bisa menunjukkan sikap yang smart, menyenangkan, percaya diri dan siap bekerja.

Banyak pekerjaan yang memungkinkan kamu bebas berekprsesi dengan penampilanmu atau kamu bebas berekspresi menajadi butch dan tidak teralu menuntut tingkat pendidikan. misalnya :
·         Driver :  sopir taksi atau sopir pribadi, tentu kamu harus mempunyai sim, berpengalaman menyetir mobil dan tahu jalan.
·         Security : Menjadi satpam diperlukan performance seorang butch yang tangguh. Yang penting adalah kamu jujur, tanggung jawab dan displin.
·         Desain Grafis : Sekarang ini banyak tempat fotocopy modern yang membutuh seseorang yang bisa mengoperasikan photoshop, coreldraw, dan program desain lainnya. Kamu Cuma perlu kursus itu atau belajar sendiri dan melamar disana.
·         Sales : kalau kamu pandai berjualan kamu bisa menjadi sales asuransi, atau sale apa saja atau kamu juga bisa menjadi detailer obat obatan.
·         Cleaning Service : Kamu bisa melamar diperusahan jasa cleaning service yang sekarang ini banyak tersebar dimana
·         Jasa Parking : kamu juga bisa melamar di jasa Secure Parking yang sekarang ini juga banyak melayani mall atau perkantoran.
·         Tukang masak : Kalau kamu mempunyai keahlian memasak kamu bisa melamar jadi tukang masak dan ini tidak membutuhkan penampilan, yang penting bersih.
·         Jasa Kurir : kalau kamu bisa mengenadari motor dan tahu jalan kamu bisa jadi kurir.
·         Penjaga Toko atau kedai : banyak seklai saya lihat teman L yang butchi menjadi penjaga toko atau jadi penjaga di kedai makanan.
·         Jasa Laundry : Sekarang ini banyak dibuka jasa laundry, kalau kamu bisa setrika maka kamu bisa melamar disana.

Banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa diisi teman-teman Lesbian bila mau mencari. Jadi ketahui dulu apakah kelebihan dan kelemahanmu sebelum melamar pekerjaan, lalu perbaiki semua kelemahanmu dan tambah keterampilanmu. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan dirimu, buatlah lamaran pekerjaan yang representative. Kamu bisa meniru di buku-buku membuat lamaran. Persiapkan dirimu sebaik-baiknya dan bangun rasa percaya dirimu. Kalau kamu hanya lulusan SMP kamu bisa ikut kejar paket A sehingga kamu bisa mempunyai nilai saing. Setelah mempunyai ijasah SMA kamu bisa mengumpulkan uang dan bisa melanjutkan kuliah S1. Asah terus kemampuan dan tingkatkan keterampilanmu. 

Yang utama dalam bekerja adalah niat baik untuk bekerja, rajin, punya inisiatif, rapi, bersih, tidak pernah bolos atau terlambat bekerja, tidak malas atau ogah-ogahan. Tidak hanya memikirkan uang saja tapi malas bekerja. Misalnya : Aku kalau tidak digaji sekian juta, aku lebih baik menganggur. kalau kalian tidak mencari dan memulai bekerja dan terus menunggu maka selamanya kamu tidak akan dapat pekerjaan. Lebih baik memulai dari awal yang sederhana sambil terus berusaha menjadi yang terbaik. Banyak teman-teman yang bermimpi punya rumah, punya mobil, menjadi Manager, menjadi Direktur tetapi dia tidak melihat kemampuannya. Dan itu cuma akan menjadi mimpi di siang hari.  

Jangan halangi dirimu sendiri dengan label “karena aku lesbian maka aku sulit mendapat pekerjaan” orientasimu adalah hakmu dan bukan penghalang untuk mendapatkan apa yang terbaik buat kamu. Kamu bisa berkarya dan bekerja meskipun kamu lesbian. Bangun terus kemampuanmu, asah keterampilanmu dan jangan pernah menyerah maka kamu akan mendapatkan apa yang kamu mau.

0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!