Searching...
Senin, 15 Agustus 2011

Label, Label, Label....

Semua orang yang melihat penampilan saya, pasti langsung berasumsi bahwa saya Butchi. Kalau saya bilang saya femme mereka akan bilang masak sih! Bahkan kalau chat dengan teman L selalu ditanya kamu B, F atau A? Bahkan ketika saya menggunakan lipstick dan eyeliner, banyak teman yang menatap saya agak heran. Begitu juga teman saya, seorang Butchi ketika pacaran dengan Butchi, banyak teman-teman yang mengatakan jeruk kok makan jeruk. Bahkan ada teman femme yang pacaran dengan femme, komentarnya. “Ih, apa nggak tahu kalau femme stocknya dikit, kok malah pacaran sama femme sih!.
Dulu waktu pertama kali mengenal komunitas lesbian saya masih belum mengerti istilah pelabelan ini dan waktu itu informasi tentang lesbian masih susah dan baru tahu istilah ini ketika bergabung dengan Swara Srikandi.
Jadi sebenarnya itu apa aja sih label yang dipakai teman-teman lesbian?  Ada bermacam-macam label  yang muncul atas dasar karakter atau penampilan yang terlihat  yaitu Butch, Femme, dan Andro.  Tetapi sebenarnya bukan hanya itu saja ada Stone Butch, Lipstik Lesbian, Sport Dyke, Soft Butch, Blue Jeans femme, Chapstick Lesbian .
  • Butch (B): Lesbian yang berpenampilan tomboy, kelaki-lakian, lebih suka berpakaian yang umumnya dikenakan laki-laki (kemeja laki-laki, celana panjang, dan potongan rambut sangat pendek).
  •  Femme (F) : Lesbian yang berpenampilan feminim, lembut, layaknya perempuan heteroseksual biasanya, berpakaian gaun perempuan.
  •  Androgyne (A) adalah perpaduan penampilan antara butch dan femme. Lesbian yang ini bersifat lebih fleksibel.
  • Stone Butch : lesbian yang mendapatkan kepuasan dengan memuaskan pasangan dan biasanya tidak suka disentuh atau bertelanjang dalam melakukan hubungan seks. 
  • Lipstik lesbian : Lesbian yang menyukai  femme tetapi dia sendiri suka berpenampilan femme seperti menggunakan lipstick, make up, rok, atau high heels.
  • Sport Dyke : lesbian yang suka berpenampilan seperti atlit, suka menggunakan topi, jaket, sepatu kets dan asesoris atlet lain.
  • Soft Butch : berpenampilan seperti andro tetapi berpakaian dan bernampilan maskulin tetapi lebih soft.
  • Blue Jeans Femme :  Femme yang lebih suka menggunakan jeans dan pakaian-pakaian Casual atau t-shirt daripada gaun atau rok.  
  • Chapstick Lesbian : istilah ini dipopulerkan oleh Ellen dalam talkshow nya Elle show. Suka berpakai casual dan tidak mengenakan make up.
  • No Label : lesbian yang tidak mau dimasukan ke label manapun.

Sebetulnya tidak penting apa labelmu, yang penting kamu nyaman dengan dirimu dan kamu PD menjadi dirimu. Kalau kamu punya pasangan, pasanganmu bisa menerima dirimu apa adanya. Dalam berelasipun tidak harus Butch berpasangan dengan Femme atau melarang relasi Butch dengan Butch atau Femme dengan Femme. Karena seks itu cair dan relasi itu adalah kesepakatan antara dua orang yang menjalani. Tidak penting apa pendapat orang lain tentang penampilanmu jadilah dirimu sendiri dan bebaskan dirimu sendiri menjadi apapun yang kamu mau. I am free to be me, Are you?

7 comments:

  1. kalo aku lebih suka di bilang berlabel "abu-abu" sangking gak mau berlabel:P

    BalasHapus
  2. no label aja dhe..toh kalo berpasangan kan seharusnya sama2 "saling" ( alias take n gift ) .. jadi gak cuma B yg manjain F ato F manjain B de el el .. tapi "saling" ..eiimm..

    BalasHapus
  3. Prbadi aku suka pake jeans ato kemeja cowok juga disamping minidress.. jadi aku termasuk yang mana nih?

    BalasHapus
  4. @Mizuto Kanna: just be your self mo pake apa yang penting enjoy dan PD aja...

    BalasHapus
  5. label apa aja gapapa dah yg penting kita happy :)

    BalasHapus
  6. Intinya cewek demen cewek -__-

    BalasHapus

 
Back to top!