Searching...
Selasa, 06 September 2011

Hubungan Jarak Jauh? Siapa Bilang Tidak Bisa?


Berjauhan dengan sang kekasih bukanlah hal yang menyenangkan. Kerinduan kadang bisa membuat kita menjadi posesif, jadi sering berprasangka yang tidak baik, mengkuatirkan segala sesuatu yang tidak jelas ujungnya. Kalau sms kita tidak segera mendapat balasan kita langsung berpikir, ada apa atau sedang apa? Kok sms nggak dibalas-balas padahal mungkin saja dia sedang dijalan, atau sedang melakukan aktifitas yang tidak memungkinkan membalas sms. Kita sering menduga-duga keberadaannya atau aktifitasnya. Kita jadi mempertanyakan seberapa besar rasa cintanya dan seberapa dalam rasa rindunya? Ketika kita sedang sakit atau sedih dia tidak ada disamping kita untuk menghibur. Kita selalu was was atau menjadi kuatir bila dia ada yang mendekati atau naksir dia. Belum lagi bila terjadi pertengkaran atau salah paham kita tidak bisa langsung berhadapan atau ketemu secara langsung untuk menyelesaikan masalah. Kalau merindukan dia kita tidak bisa memeluknya atau menciumnya. Kita tidak bisa mengajaknya ketempat-tempat yang kita inginkan atau bila ada acara.

Banyak teman mengatakan long distance relationship tidak akan bisa bertahan lama. Dan katanya bagaimana bisa mesra kalau orangnya tidak ada. Tapi banyak juga teman yang meskipun berdekatan tetap saja hubungannya tidak bisa mesra dan tidak bisa bertahan lama . Sebetulnya apa yang harus kita ketahui agar hubungan kita tetap bisa mesra meskipun berjauhan.

Komunikasi
Usahakan untuk selalu ada komunikasi setiap hari entah itu lewat sms, whatapps, YM, skype, atau apa saja. Sapalah dengan sebutan yang mesra misalnya : Sayangku, Cintaku, Honey, My Love, Sweetie, ato apa aja sebutan cinta buat kalian berdua. Selalu tanyakan kabarnya dengan penuh cinta. Berceritalah mengenai kegiatanmu. Beritahu pasangan bila kamu merencanakan berpergian. Karena ketidaktahuan bisa menimbulkan pikiran atau prasangka. Bila menemukan tulisan yang sekiranya membuat pikiranmu jadi bias segera klarifikasi dan biasakan untuk tidak mind reading atau mencoba membaca pikirannya karena apa yang dia pikirkan dengan apa yang kita pikirkan bisa tidak sama. Usahakan untuk selalu melakukan komunikasi yang positif agar hubungan menjadi langgeng. Komunikasi positif maksudnya kita tidak bertanya layaknya polisi yang mengintrograsi, tetapi berceritalah tentang kegiatanmu lebih dahulu sehingga dia merasa tenang dan beri dia kesempatan untuk bercerita tanpa memotongnya.

Saling mempercayai pasangan
Hubungan yang kuat adalah bila dilandasi oleh rasa saling mempercayai satu sama lain. Dan rasa dipercaya itu dibangun bukan datang begitu saja. Cinta kalau tidak disertai dengan rasa percaya terhadap pasangan akan menjadi boomerang buat diri sendiri. Kita akan menjadi gampang curiga dan kuatir setiap hari. Kita tidak bisa menjaga pasangan kita selama 24 jam meskipun kita berdekatan. Jadi berikanlah kepercayaan kepada dia dan begitu juga jadilah orang yang bisa dipercaya oleh pasangan. Hindari cemburu yang membabi buta dan drama yang berlebihan. Daripada memelihara rasa cemburu lebih baik memikirkan bagaimana bisa mencintai pasangan lebih baik lagi.

Buat kesepakatan
Buat kesepakatan bersama tentang hubungan kalian dan ingin seperti apa hubungan kalian nanti. Mau seperti apa dan akan kemanakah tujuan kalian berdua. Sehingga kalian berdua tahu batas-batas hubungan kalian. Hindari keinginan untuk mengontrol pasangan dan menguasai pasangan.

Uang dan Waktu.
Dalam hubungan jarak jauh juga perlu disiapkan atau merencanakan anggaran karena bagaimanpun untuk pertemuan pasti membutuhkan uang untuk membeli tiket, hotel atau kesenangan lainnya yang membutuhkan biaya. Selain itu juga biaya pulsa atau internet yang mungkin tidak terasa tapi cukup bisa memberikan pengaruh pada kondisi keuangan. Mengatur waktu baik untuk bertemu atau untuk chat juga diperlukan. Apalagi kalau pasangan beda waktu karena di belahan dunia lain sehingga terjadi beda waktu yang signifikan. Atau pasangan adalah orang yang super sibuk dengan pekerjaannya sehingga untuk bertemu perlu diatur jadwal sesuai dengan agendanya.

Selalu berpikir Positif.
Usahakan untuk selalu berpikir postif untuk segala hal. Tepis segera pikiranmu bila mulai memikirkan hal-hal yang negative. Lihatlah segala sesuatu dari sisi positif dalam segala hal. Anggap saja kamu punya banyak waktu untuk merencanakan pertemuan indah atau anggap saja kamu punya banyak waktu untuk meningkatkan kapasitas buat masa depan kalian.

Lakukan sesuatu bersama.
Meskipun kalian berjauhan bukan berarti tidak bisa melakukan sesuatu secara bersama dan bermesraan. Kalian bisa saling mengirim lagu dan mendengarkannya bersama. Membaca novel bersama dan saling bercerita. Menceritakan kenangan indah ketika bersama. Merencanakan apa yang akan dilakukan kalau bertemu. membangun mimpi dan merajut masa depan bersama. Tetap saling mengirimkan surat cinta, pujian atau rayuan. Melakukan chat sex atau phone sex. Kalau kalian suka menulis mungkin bisa membuat tulisan bersama seperti cerpen, artikel atau apa saja yang selalin mendekatkan hubungan bisa juga meningkatkan kapasitas masing-masing.

Hadiah dan kejutan.
Berilah selalu pasangan hadiah-hadiah kecil atau kejutan-kejutan manis yang akan selalu mengingatkan dia dengan kamu. Atau berikan sesuatu buat dia bila merindukanmu bisa dia pegang, cium, peluk ato apa aja yang bisa membuat dia bahagia.

Buat pertemuan seindah mungkin.
Bila ada kesempatan untuk bertemu, buatlah pertemuan itu sebagai pertemuan terindah yang kamu bisa. Buatlah itu pertemuan yang tak terlupakan buat kalian berdua. Sebagai pemanasan sebelum bertemu kalian berdua bisa melakukan chat sex atau phone sex dan bercintalah dengan seliar-liarnya lepaskan semua kerinduan yang ada ketika bertemu. jangan sia-siakan setiap pertemua, gunakan sebaik-baiknya. Atur waktu dan cari tempat yang kalian berdua sukai.

Tidak usah berkecil hati dan mengkuatirkan hubungan kalian karena jarak. Selama masih ada cinta apapun bisa diatasi bersama. Dan selama kalian masih saling mencintai, maka tidak ada kata yang tidak mungkin untuk merajut cinta yang romantis. Bayangkan kalau jaman dahulu pasangan yang pergi merantau tidak ada telpon, internet dan alat komunikasi cuma surat yang datangnya bisa berminggu-minggu. Jadi harus tetap disyukuri dan diusahakan bersama agar hubungan itu bisa berjalan dengan baik dan tetap mesra meskipun berjauhan.

"Distance is not for the fearful, it is for the bold. It's for those who are willing to spend a lot of time alone in exchange for a little time with the one they love. It's for those knowing a good thing when they see it, even if they don't see it nearly enough..." 




0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!