Searching...
Rabu, 28 Desember 2011

Buatlah Resolusimu di Tahun 2012


Ketika ngobrol dengan teman teman L, mereka mulai membicarakan rencana tahun baru. Ada yang mau ke suatu tempat, ada yang mau dugem, ada yang mau party sampai pagi, ada yang mau nonton aja, ada yang bercinta sampe pagi. Semua berceloteh dengan gembira dan saling meledek satu sama lain.  Lalu seorang teman bertanya “Apa resolusimu tahun 2012? Dan tiba tiba semua terdiam dan tersadar. Mereka mencoba berpikir dan menjawab : “Aku pengen punya GF mbak, sudah dua tahun jomblo! “Kalau aku, pengen menyelesaikan skripsiku yang molor terus!  “Aku pengen cari kerja, mbak, cariin dong! Kata Irma.  “Aku sepertinya akan jomblo deh, tahun depan!”Jawab Adi. “Lho, kok bisa kamu merencanakan putus pas tahun baru ya?Tanyaku dan diikuti tawa teman teman yang lain. “Dia sedang bertengkar dengan GF nya, mbak!.  Banyak juga yang mengatakan tidak tahu dan mengalir saja katanya.Padahal air kalau mengalir selalu kebawah tidak pernah keatas. Lalu ada yang menyeletuk “aduh, mbak kok mikir resolusi 2012, untuk bayar kost besok aja masih bingung!

Banyak teman yang melalui waktu hanya dari hari ke hari, mereka tidak pernah merencanakan dengan pasti apa yang ingin mereka capai. Dan sering terkaget kaget bila menghadapi masalah. Munkin ini saatnya kita mulai melihat kebelakang apa yang sudah kita kerjakan dan apakah ada yang ingin kita tingkatkan atau yang ingin kita capai di tahun yang akan datang. Jangan biarkan hidupmu sia sia dan berlalu begitu saja. Everything is Possible bila kita memang serius mencapainya. Oleh karena itu mulailah merancang sebuah goal . Tidak peduli goal itu besar atau kecil, karena dengan memiliki goal kamu mempunyai arah dan tujuan yang ingin kamu capai.  Lalu bagaimana merancang sebuah goal itu? dibawah ini saya sadur dari tulisan Erni Julia kok yang menurut saya bisa kita gunakan dan tidak terlalu rumit.

Rangkumkan semua keinginan dalam suatu matriks. Apa yang kamu inginkan selalu dapat dikelompokkan dalam tiga aspek; tubuh/jasmani, pikiran dan jiwa/spiritual. Pada setiap aspek kamu dapat menentukan tiga gol yang penting. (Kamu dapat menemukan contoh Matriks 3 Aspek 3 Gol dalam buku Mental Pemenang Mental Pecundang). Karena tubuh, pikiran dan jiwa merupakan satu-kesatuan yang tak terpisahkan, maka pencapaian tiga gol untuk jasmani pastilah berefek terhadap pikiran dan jiwa. Pencapaian kesembilan gol tentu saja akan memungkinkan pencapaian outcome utama.

OUTCOME
Sukses di karir dan bahagia di mana saja kapan saja.
ASPEK KEHIDUPAN
BODY / TUBUH
MIND / PIKIRAN
SOUL / JIWA
GOAL  # 1
Punya pekerjaan
Melanjutkan kuliah S1 atau S2.
Meningkatkan spiritual diri.
GOAL  # 2
Beli Motor atau Mobil.
Membaca 5 buku perbulan.
Beramal atau membantu orang lain.
GOAL  # 3
Tabungan Rp 10juta
Bergabung dengan klub diskusi.
Membina teman teman L muda di lingkungan untuk mandiri.
Contoh membuat  Goal Chart           

Sebuah gol atau outcome dikatakan well-formed bilamana memenuhi beberapa kriteria dengan singkatanS.U.C.C.E.S.S.

Specified and positively stated; tiap-tiap gol yang telah Anda tuliskan hendaklah spesifik dan dinyatakan secara positif. Misalnya, Anda tidak dapat merancang gol “tidak mau terlilit utang”, sebaliknya Anda harus dapat menyatakan secara spesifik berapa uang yang akan Anda hasilkan di tahun 2012.

Uniqly you; gol yang kita susun hendaknya benar-benar unik dan bukan ikut-ikutan orang lain atau atas suruhan orang lain.

Context; kapan dan di mana gol-gol tersebut akan terjadi? Tanggal, paling tidak bulan dan tahun hendaklah dinyatakan secara tepat. Orang sering membuat resolusi tahun baru, namun bila tidak tercapai tahun bersangkutan lalu “memperpanjang” waktu pencapaiannya di tahun-tahun berikutnya atau melupakannya. Sebuah gol tidak bisa dicapai kapan-kapan, tapi harus jelas waktunya.

Chance and constraint: mengetahui sumberdaya apa yang telah Anda punyai dan mendeterminasi hambatan apa yang akan dihadapi sama pentingnya. Jika Anda mendapati bahwa sumberdaya yang dibutuhkan tidak tersedia bukan berarti Anda harus menyerah, sebab sumberdaya dapat diusahakan. Demikian pula halnya jika terdapat hambatan, Anda dapat menyiapkan diri untuk menghadapinya, bukannya menyerah sebelum mulai.
Ecology; gol yang ekologi dengan kemampuan dan masuk akal serta tidak membawa impak negatif bagi diri dan keluarga dapatlah dipandang sebagai gol yang masuk akal.

Self control; jika Anda menginginkan sesuatu, dapatkah Anda berinisiatif? Dapatkah Anda memegang kendali?

Spirit atau semangat sangatlah penting. Tidak ada gunanya Anda menuliskan resolusi tahun baru yang muluk-muluk jika Anda tidak bersedia memperjuangkannya dengan penuh semangat.

Seringkali saya mendengar teman teman  yang ingin berhasil, ingin sukses, ingin kaya tetapi tidak pernah melakukan apa apa. Mereka mengeluh tidak punya pekerjaan tetapi ketika ditawari pekerjaan tidak mau karena dianggap, pekerjaannya kurang bergengsi. Padahal dia sendiri tidak punya pengalaman bekerja dan ijasah yang dipunya hanya sampai SMP. Siapapun bisa berhasil dan kaya bila mau berusaha dan memulainya. Mulailah mencari kerja, apapupun itu asal halal dan kamu serius melakukannya. Sambil bekerja kamu bisa mulai meningkatkan kemampuanmu, entah dengan kursus atau melanjutkan sekolah lagi. Tidak ada pekerjaan yang memalukan asal kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Saya sendiri lulus SMA bekerja sambil kuliah dan ketika tidak punya uang saya harus mengambil cuti kuliah untuk mengumpulkan uang lagi. Saya memulai pekerjaan sebagai penjual tiket di sebuah kolam renang dan sampai karir terakhir saya sebagai Manager HRD. Teman saya memulai pekerjaan sebagai cleaning servis dan sekarang dia membawahi beberapa cleaning servis di 5 mall terbesar. Waktu melamar dia hanya memiliki ijasah SMP dan dia mulai ikut kejar paket untuk SMA dan mengambil kuliah D3 dan sekarang dia berusaha menyelesaikan S2 nya.  Banyak sekali cerita keberhasilan orang-orang besar yang dari nol. Tetapi itu semua diusahakan, dirancang, dan dikerjakan dengan sungguh sungguh. Semua itu tidak datang begitu saja dari langit.

Saya selalu senang bila melihat ada teman L yang berhasil, apapun itu bidangnya.  Oleh karena itu mulailah gantungkan mimpimu dan kejar mimpi itu sampai dapat. Tidak ada yang tidak bias kita capai apabila kita benar benar menginginkannya dan berusaha untuk meraihnya. Kalau orang lain bisa kamu pun pasti bisa. Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan.

If you want to make your dreams come true, the first thing you have to do is wake up.  ~J.M. Power

0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!