Searching...
Sabtu, 31 Maret 2012

Kamupun BISA Menjadi yang TERBAIK


Pagi ini aku brunch dengan sahabat baru dari New York, Luthfi Madjid . Sambil makan soto maudra gubeng pojok. Kami berbagi cerita yang seru yang mungkin bisa menginspirasi teman teman. Dia seorang gay yang bekerja menjadi asisten manager di sebuah dept store di New York. Posisi yang didapatkan dengan perjuangan dan usaha keras. Dia masih ingat bagaimana ibunya yang single parent melarang dia untuk sekolah fashion ketika lulus SMA. Sampai dia bilang nggak mau sekolah dan ibunya bilang ya udah kursus computer aja agar bisa bekerja, yang rencananya akan dimasukan bekerja di sebuah bank.  Lalu akhirnya dia disuruh ibunya sekolah computer dengan negosiasi yang panjang dia boleh sekolah fashion asal bayar sendiri dan tetap sekolah komputer. Dia bekerja keras untuk meraih apa yang diinginkan dan mencari pekerjaan yang dia inginkan. Dia yang belum mempunyai dasar di fashion tetapi nekat melamar bekerja di dunia fashion dan diterima di sebuah fashion desainer. Dia mulai bekerja sambil sekolah.

Lalu dia memutuskan untuk berangkat ke Amerika mengadu nasib. Di sana dia memulai bekerja sebagai pelayan restoran dan bar. Meskipun harus bekerja siang dan malam dia tidak melupakan cita citanya yang bekerja di dunia fashion. Setiap hari dia mencari lowongan pekerjaan di dunia fashion dan akhirnya dia menemukan lowongan itu. dengan modal nekat dan kemauan dia diterima di sebuah perusahan yang bergerak di dunia fashion. Pemiliknya adalah seorang Professor di Fashion Institute Technology. Dia merasa beruntung karena Boss nya seorang dosen sehingga dia bisa belajar langsung tanpa harus membayar uang kuliah. Bekerja dan belajar itu yang dia lakukan. Dia memberikan lebih dari yang diminta. Ketika sang professor akan memberikan presentasi ke klien, dia menawarkan diri untuk membuatkan power pointnya dan mempresentasikannya di depan sang professor. Sang Professor sangat menyukai semangat dan kerja kerasnya. Dia menjadi orang kepercayaan sang professor, dia tidak hanya menjadi tangan kanan tapi sekaligus juga tangan kiri sang professor. Karena kerja keras, sikap mau belajar, dan kejujuran yang diperlihatkan Luthfi, sang professor menawarkan dirinya untuk menjadi sponsor mendapatkan greencard. Ketika sahabat saya ini mendapatkan greencard sang professor menyuruhnya untuk mengepakan sayapnya mencoba kemampuannya dan berkembang menjadi lebih besar. Diapun memulai perjalanan karirnya didunia fashion dan sampai sekarang menjadi asisten manager di sebuah dept store dan bercita cita menjadi Manager dan suatu hari membuka boutique sendiri di New York dengan mengusung produk Indonesia.

Apa yang dapat kita petik dari cerita diatas. Kalau kita mau mengejar apa yang kita inginkan selalu saja ada jalan untuk kesana. Seperti kata Luthfi pada saya. Semuanya tidak ada yang gratis dan mudah tetapi melalui kerja keras, selalu berusaha memberikan yang terbaik, mencintai pekerjaannya, focus, jujur dan tidak pernah menyerah. Banyak sekali teman teman Lesbian, Gay, Trans, Interseks yang berhasil didunianya masing-masing dengan caranya masing-masing. Seringkali saya mendengar keluhan teman teman kalau dia tidak akan bisa berhasil karena dia seorang lesbian atau bukan anak orang kaya, atau bukan sarjana atau seribu macam alasan untuk mengasihani diri sendiri dan meratapi nasib. Kadang putus cinta sudah ingin bunuh diri dan tidak dapat pacarpun sudah membuat dia malas hidup. Begitu ada sedikit hambatan sudah membuat dia menyerah atau putus asa.

Apa saja yang harus kamu lakukan agar bisa berhasil dan bisa meraih apa yang kamu mau.
Knowing what you want : Ketahuilah apa yang kamu mau dan inginkan dalam hidupmu. Kamu ingin menjadi seperti apa nanti. Dengan mengetahui apa yang kamu tahu, kamu akan menjadi focus dengan jalan yang kamu tempuh tidak harus berputar putar dan mengahabiskan waktu tetapi tidak menghasilkan sesuatu. Setelah mengetahui apa yang kamu inginkan, mulailah focus untuk kearah sana. Tingkatkan kemampuan sesuai dengan yang ingin kamu capai. Misalnya ingin menjadi desainer  jangan ikut kursus menyanyi tetapi kursus desain.

Percaya pada diri sendiri : selalu percaya dengan kemampuan diri sendiri dan jangan pernah meragukan kemampuan dirimu sendiri. Kalau orang lain bisa berhasil berarti kamu juga bisa berhasil. Terus belajar dan menambah pengetahuan. Terbuka untuk belajar, menerima kritik dan masukan dari orang lain dan terus berusaha meningkatkan diri. Jangan pernah membatasi dirimu dengan apapunpun. Jangan biarkan orang lain meragukan kemampuanmu dan jangan ijinkan siapapun untuk menjatuhkan rasa percaya dirimu.

Persisten : tidak pernah menyerah dan terus berusaha meskipun kamu harus jatuh seratus kali tapi tetap bersemangat untuk berdiri dan berusaha lebih baik lagi. Memetik pelajaran dari kegagalan yang dialami dan memulai kembali dengan semangat baru. Ingat Albert Einstein gagal beratus kali sebelum menemukan bola lampu. Kolenel Sanders memulai KFC nya ketika sudah tua dan berhasil meskipun telah ditolak ratusan kali.

Fleksibel : adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Misalnya : kalau kita bekerja dan diminta melakukan pekerjaan yang seharusnya bukan pekerjaan kita, jangan mengeluh tapi anggaplah itu sebagai latihan dan pelajaran yang mungkin akan berguna dilain waktu. Dengan kemampuan beradaptasi menyesuaikan diri dan membuat diri kita fleksibel, kita akan mudah diterima orang disemua tempat. Sikap seperti itu akan memudahkan kita untuk mencapai sukses.

Semangat : memang gampang mengatakan kepada orang lain untuk bersemangat dan tidak pernah menyerah. Tetapi itu rasanya berat sekali kalau harus menyemangati diri sendiri. Kalau kamu sedang putus asa atau dalam kondisi terendah ingatlah selalu bahwa kamu lebih dari yang kamu kira. Bahwa kamu bisa melakukan apa saja yang kamu mau. Ingat semua keberhasilan yang telah kamu raih sekecil apapun itu. mulai berpikir positif dan optimis bahwa kamu akan melewati semua kesulitan yang akan kamu hadapi. Tarik nafas dalam dalam, berdiri dengan tegak dan katakan pada diri sendiri ‘Aku bisa dan aku mau”

Jalan menuju sukses itu memang kadang begitu terjal, menyakitkan, penuh kekecewaan, penolakan dan kerja keras. Dan ketika kamu sudah mencapainya dan mendapatkannya kamu akan merasakan kebanggaan dan dan kebahagian yang tak terkira dengan kerja kerasmu itu. kamu akan merasa bangga dapat mengatasi semua rintangan dan mencapai cita citamu itu.  Jangan pernah menyerah oleh apapun dan siapapun meskipun itu dari orang terdekatmu sekalipun. Bila ada yang meragukan kemampuanmu, tantanglah dirimu sendiri bagaiaman kalau aku bisa melakukannya apa yang akan terjadi? Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi bila kamu tidak pernah mencobanya. 

Lagu : Pasti Bisa - Citra

0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!